Tiba-tiba MCB Atau Pengaman Kabel Bawah Tanah Trip

Mungkin ada yang pernah mengalami kejadian MCB atau pengaman Instalasi Listrik yang lewat bawah tanah langsung trip tiba-tiba padahal sebelumnya dihidupkan beberapa jam tidak ada masalah. Terus bisa dihidupkan lagi dan beberapa jam kejadian sama terulang.Apalagi kalau pada beban yang besar dengan arus yang tinggi tentunya sangat membahayakan dan jika menggunakan kontrol Kontaktor membuat Kontaktor lengket atau terbakar.

Dan ketika diukur normal pakai ohmmeter tidak ada hubung singkat antar kabel dan juga sudah menggunakan Jenis  Kabel Bawah tanah NYFGBY yang sudah sesuai Standar .Umur instalasi bawah tanah juga belum ada 5 tahun tapi bisa kejadian seperti diatas . Maka untuk memastikan apa penyebabnya kita dapat menggunakan Mega Ohmmeter atau bisa disebut MEGGER untuk Memeriksa Tahanan Isolasi Kabel dan juga Tahanan Antar Kabel pada instalasi bawah tanah apakah masih bagus atau sudah tidak sesuai dengan standar.

Mega Ohmmeter
Mega Ohmmeter

 

Semakin tinggi tahanan isolasi Kabel baik Kabel dengan Isolasi kabel itu sendiri,Antara Kabel Phasa dengan Phasa lainnya atau Phasa dengan Netral atau Ground tentunya semakin bagus. Tapi kalau tahanannya rendah maka ada kemungkinan sudah rusak. Maka hal yang tidak diinginkan  bisa terjadi ketika ada tegangan kerja tidak langsung shorted tapi menunggu waktunya sampai terjadi arus hubung singkat. Hal itu menyebabkan MCB atau pengaman trip.

Kabel Tanah NYFGBY
Kabel Tanah NYFGBY

Untuk pengukuran Peralatan dengan tegangan kerja 220 V atau 380 V bisa kita uji pakai Mega Ohmmeter dengan tegangan kerja yang sama atau diatasnya. Dari pengukuran tersebut dapat diketahui dari hasil parameter pengukuran mana saja kabel yang bermasalah.Idealnya ketika mengukur pada Mega Ohmmeter dengan tegangan 500 VDC maka idealnya hasil pengukuran terbagus adalah 500 MΩ.Jika ada hasil pengukuran yang sangat rendah maka hal itu bisa menjadi  sebagai penyebab arus hubung singkat ketika ada tegangan masuk atau beban dihidupkan.

Salah satu Faktor penyebab kerusakan kabel tanah adalah jenis tanah dan kelembaban tanah. Terutama jenis tanah yang dekat garis pantai dengan kadar garam tinggi yang bersifat korosif cepat merusak tahanan isolasi kabel dan sifat bahan isolator Kabel. Maka instalasi bawah tanah perlu didesain sedemikian rupa agar kabel tidak terkena secara langsung atau terendam  air garam yang merembes didalam tanah. Begitu juga daerah yang mempunyai kadar kelembaban yang tinggi cepat merusak Kabel seperti juga daerah pegunungan dengan curah yang tinggi sehingga tanah selalu basah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *