Pemasangan Instalasi Shelter CKD pada BTS Telekomunikasi

Kebanyakan perangkat-perangkat BTS Telekomunikasi yang  didesain pemasangannya  untuk ruangan tertutup (Indoor) tentunya memerlukan ruangan yang cukup untuk penempatan material itu sendiri , sarana penunjang dan juga sistem pendinginannya. Salah satu yang sering dipakai ada Shelter CKD dikarenakan banyak kelebihan dibandingkan menggunakan Shelter dari Konstruksi bangunan batu.

Beberapa kelebihan Shelter CKD yaitu :

  1. Untuk daerah-daerah yang sulit diperoleh Material bangunan ,tentunya Shelter CKD adalah pilihan yang tepat
  2. Waktu pemasangan lebih cepat sekitar 1 hari sudah dapat berdiri daripada memakai bangunan batu yang memakan waktu lebih lama
  3. Tenaga kerja Cuma 2 orang untuk satu hari sudah cukup untuk mendirikan Shelter CKD
  4. Bahan luar dan dalam Shelter lebih tahan dari korosif,panas dan jamur
  5. Pengiriman bahan baku lebih ringan dibandingkan Material bangunan apalagi didaerah terpencil yang susah didapatkan Material Bangunan

Disini akan Kami uraikan secara garis besarnya untuk beberapa tahapan dalam pemasangan Shelter CKD beserta pemasangan Instalasi didalamnya:

  1. Pembuatan Pondasi Shelter CKD

Bagaimanapun juga Shelter CKD tetap membutuhkan Pondasi untuk Dudukan Konstruksinya,biasanya dalam satu paket pekerjaan sudah ada gambar detail Spesifikasi teknis Pekerjaaan Sipil yang sudah disesuaikan dengan ukuran luas dan beban Shelter beserta perangkatnya. Dengan adanya pondasi yang kokoh dan rata diharapkan tidak akan amblas atupun miring di kemudian hari.

  1. Pemasangan Shelter CKD

Cara pemasangan Shelter CKD dapat diurutkan sebagai berikut :

  1. Pemasangan Rangka Besi Dasar
  2. Pemasangan Papan Pembentuk Shelter CKD + Pintu
  3. Menutup sambungan-sambungan antar Papan CKD
  4. Memasang Atap
  5. Memasang Karpet Lantai
  6. Memasang Siku-Siku alumunium bagian dalam Shelter
  7. Pemasangan Kabel Dak , membuat lubang-lubang seperti Inlet Udara, Exhaust Fan, lubang Kabel Masuk (FEP) dan memasang Kanopi

  1. Pemasangan Elektrikal

Di dalam Shelter yang beukuran tidak terlalu besar tetapi banyak peralatan yang terpasang, sehingga penting sekali ketepatan dan kerapian dalam pemasangan. Kita biasanya mengikuti sesuai dengan gambar lay out yang sudah direncanakan oleh Owner atau User. Kita harus menghindari kesalahan pengukuran atau pemasangan dikarenakan material yang disediakan sangat terbatas dan hampir dikatakan tidak ada sisa. Asal kita dalam bekerja sesuai gambar ,In sya ALLOH kita tidak akan kekurangan material.

Pekerjaan Elektrikal dapat dilakukan setelah Pemasangan Shelter CKD selesai, diurutkan sebagai berikut  :

  1. Pemasangan Inlet Udara dan Exhaust Fan
  2. Pemasangan kabel Dak
  3. Pemasangan Lubang Kabel Masuk ( FEP /Feeder Entry Port )
  4. Pemasangan Kabel Tray dan Pipa Instalasi
  5. Pemasangan Panel ACPDB dan DCPDB
  6. Pemasangan Lampu-Lampu ,Switch ,Stopkontak ,
  7. Pemasangan Safety dan Alarm System
  8. Pemasangan AC ( Air Conditioning)
  9. Pemasangan Rak Bateray dan Rectifier
  10. Pemasangan Rak-Rak lainnya sesuai Gambar Lay out
  11. Penarikan atau pemasangan Instalasi Listrik baik yang tegangan AC ataupun DC juga Busbar Grounding sesuai dengan Wiring Diagram
  12. Pengetesan System Instalasi yang telah terpasang

Demikianlah gambaran garis besar tentang Pekerjaan Pemasangan shelter CKD dari Pekerjaan Sipil sejak  awal pondasi  sampai Pengetesan System Instalasi Listrik AC dan DC . In sya ALLOH bermanfaat tulisan yang singkat ini.

Jika Anda membutuhkan Subcon untuk Jasa Pemasangan Shelter CKD bisa hubungi ROZI TEKNIK SEMARANG Jl. Bukit Melati Raya No. 374 ,Perumnas Sendangmulyo , Tembalang, Semarang (NO HP & WA 085727149575 , 081228733040 ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *