PEMASANGAN DAN PERBAIKAN POMPA SUBMERSIBLE ( POMPA CELUP )

PEMASANGAN DAN PERBAIKAN POMPA SUBMERSIBLE ( POMPA CELUP)

               Salah satu pilihan jenis pompa air listrik yang sering   digunakan untuk sumur-sumur bor yang kedalamannya lebih dari 20 meter yaitu Pompa Submersible atau Pompa Celup. Sering juga kalau di Jawa penamaan pompa ini dengan bahasa yang mudah dengan mengambil akhiran nama Pompa Submersible dengan menyebut “Pompa Sibel”. Untuk  jenis pompa juga bisa digunakan untuk sumur gali biasa namun masih jarang yang memakai karena biasanya sumur gali biasanya kedalamannya jarang yang lebih dari 20 meter.

  

Suatu alat biasanya ada nilai lebih atau keuntungannya dan juga nilai kurang atau kekurangannya baik dari sisi teknis ataupun sisi ekonomisnya. Ada beberapa hal dari sisi keuntungannya :

  1. Daya listrik lebih rendah dibanding pompa listrik biasa
  2. Debit air yang lebih besar dengan daya yang sama
  3. Tidak memerlukan tempat duduk motor
  4. Tidak ada gangguan suara motor ketika berfungsi
  5. Terlihat lebih rapi instalasinya

Sisi kekurangannya diantaranya :

  1. Harga lebih mahal dengan daya yang sama pompa biasa
  2. Tegangan listrik harus normal, minimal 195 Volt
  3. Tidak banyak mengandung pasir
  4. Persediaan air dibawah harus mencukupi
  5. Perawatan lebih sulit karena pompa ada di bawah

 

Ada banyak merk yang dijual di toko-toko pompa yang bisa disesuaikan dengan budget yang kita miliki. Tentu saja merk yang dikenal kualitasnya juga mumpuni harganya bisa dua kali lipat dengan merk biasa dengan daya yang sama. Biasanya perusahaan-perusahaan atau rumah tangga yang punya budget besar menggunakan merk ternama untuk mengurangi biaya perawatan.

Disini kami sedikit berbagi beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan pemasangan Pompa Submersible:

  1. Kebutuhan debit air yang akan dikonsumsi
  2. Kedalaman Sumur
  3. Pemilihan daya motor disesuaikan dengan poin 1 dan 2
  4. Ketersediaan daya listrik PLN yang mencukupi untuk daya pompa
  5. Pemasangan pipa yang sesuai dengan spesifikasinya Pompa
  6. Pemilihan kabel dan penyambungan sambungan motor ke kabel yang keatas harus sesuai dengan standar teknis kelistrika n Sambungan dalam air sehingga tidak seperti sambungan kabel biasa yang di udara.
  7. Pemasangan Sistem Proteksi atau pengaman seperti MCB yang sesuai dengan kapasitas motor , Sensor level Tandon Penampungan Air , Sensor level Air bawah sumur dan Pengaman Tegangan Turun
  8. Pengecekan instalasi listrik pompa dan lebih bagusnya dicheck pakai MEGGER.

  

Bagi Anda yang ingin memasang sendiri Pompa Air Submersible bisa belajar dari tutorial di Youtube atau langsung kepada Ahli di bidangnya. In sya ALLOH hal tersebut mudah untuk dipelajari dan dapat dipraktekkan langsung.

Suatu peralatan listrik yang digunakan apalagi dengan waktu pemakaian yang akan mengalami permasalahan sehingga dibutuhkan suatu perawatan agar dapat berfungsi dengan baik. Sehingga menimbulkan permasalahan fatal sehingga motor pompa air terbakar. Permasalahan yang timbul dari faktor penyebabnya dapat dibagi menjadi dua hal yaitu :

  1. Faktor Internal dari Pompa itu sendiri yang terdiri dari 2 bagian Utama yaitu Motor listrik dan Kipas atau Impeller. Sehingga kerusakan dapat terjadi dari faktor Elektrikal dan Mekanikal yaitu diantaranya :
  2. Terbakarnya lilitan (winding) motor listrik
  3. Kerusakan sambungan ataupun korsleting
  4. Kerusakan Bearing/laker seperti Macet ataupun pecah bearing
  5. Oli (Oil)sejenis untuk Tranformator Oil yang berfungsi sebagai pendingin motor
  6. Kerusakan kipas atau bantalan as kipas
  7. Banyaknya kotoran yang menyumbat di dalam kipas
  8. Faktor External yaitu faktor pendukung dari Pompa air yang diantaranya
  9. Tegangan listrik yang abnormal bisa jadi tegangan lebih diatas 10% ,tetapi yang sering terjadi tegangan turun dibawah 10%
  10. Rangkaian Proteksi pompa yang tidak berfungsi dengan baik
  11. Kehabisan stok air dibawah sumur
  12. Banyaknya kotoran seperti pasir ataupun lumpur dibawah sumur
  13. Kebocoran instalasi pipa air

Dengan adanya sistem proteksi yang tepat diharapkan tidak akan terjadi kerusakan yang fatal pada Motor Pompa Air.

  

Anda dapat memperbaiki sendiri Pompa air Submersible dengan belajar dari Tutorial yang ada media seperti Youtube ataupun belajar langsung kepada Ahli dibidangnya.

Demikian sedikit berbagi pengetahuan mengenai Pompa air Submersible dan kami menyadari masih banyak kekurangan dari tulisan ini. Mungkin di laman lain bisa didapatkan tulisan lebih rinci tentang tema diatas. Terimakasih atas kunjungan Anda dan in sya ALLOH dapat bermanfaat tulisan ini. Jika Anda tidak sempat waktu untuk memasang dan memperbaiki sendiri Pompa Air Submersible , Jangan lupa hubungi ROZI TEKNIK SEMARANG di Jalan Bukit Melati Raya No 374, Perumnas Sendangmulyo , Tembalang ,Semarang ( NO HP  & WA 085727149575 atau 081228733040).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *