Panorama Sededap ,Pulau tiga Kabupaten Natuna

Panorama Sededap ,Pulau tiga Kabupaten Natuna

                      Mendapatkan tugas kerja di BTS Sededap yang bertempat di Desa Sededap Kecamatan Pulau Tiga Kabupaten Natuna dan masuk Propinsi Kepulauan Riau. Tak pernah membayangkan sampai daerah yang jauh di utara Indonesia yang termasuk berbatasan dengan Negara Malaysia dan Vietnam. Sama sekali tidak ada informasi yang penulis dapatkan untuk sampai ke site tersebut waktu itu bulan September 2013. Beli tiket pesawat Semarang-Jakarta-Batam-Natuna( Ranai ). Waktu itu hanya 2 maskapai yang melayani penerbangan dari Batam ke Natuna . Alhamdulillah tiba di Bandara Natuna Ranai masih jam 10 pagi langsung  cari informasi dari Driver Taxi untuk transportasi sampai ke Sededap.

  

Akhirnya harus sewa Taxi untuk melanjutkan darat  ke Selat Lampa yang merupakan Pelabuhan tempat untuk mencari Kepompong (sebutan untuk Perahu Kayu Motor ) menuju ke Desa Sededap . Perjalanan sekitar 1,5 jam melewati jalan aspal yang mulus dengan pemandangan yang  hijau dan kadang meleawati pinggiran laut. Sekitar jam 12 siang sampai di Selat lampa masih kelihatan sepi dan ada beberapa warung makan yang buka. Setelah istirahat dan cari informasi dari penjaga warung, bahwa biasanya Kepompong yang menuju ke desa Sededap sekitar jam 2. Sekitar jam 1 siang ada beberapa orang yang datang ke Pelabuhan Selat Lampa dan menunggu di tempat duduk sekitar Pelabuhan. Batin saya , mungkin mereka juga ada tujuan yang sama menunggu Kepompong yang menuju Sededap.

  

Alhamdulillah sebelum jam 2 siang ada perahu kayu motor atau kepompong yang merapat ke Pelabuhan dan memang tujuan ke Sededap. Beberapa penumpang naik keatas Kepompong dan setelah sekitar setengah jam meninggalkan Pelabuhan Selat Lampa. Jalur kepompong melewati beberapa desa mengantarkan penumpang ke tempat tujuan masing-masing. Dan penumpang terakhir tinggal tiga orang yang termasuk penulis yang menuju Sededap dan setelah perjalanan diatas laut yang teduh sekitar 2 jam sampailah di desa Sededap sekitar jam 4 sore. Langsung menuju lokasi BTS yang dari jauh kelihatan Tower berdiri walaupun hanya tower kecil. Setelah itu mencari informasi dari warga dekat tower untuk menanyakan rumah penjaga BTS.

  

Mumpung masih belum gelap, Penulis lakukan dokumentasi awal untuk area sekitar BTS untuk laporan kondisi awal datang ke site. Selama 3 hari disana melakukan perbaikan dan pemeriksaan perangkat powersuplai Solarcell termasuk melakukan penebangan 8 pohon kelapa yang menghalangi sinar matahari masuk ke modul Solarcell . Setelah 3 hari 3 malam disana selesai sudah pekerjaan di BTS Sededap dan ada beberapa dokumentasi yang dapat saya bagi yang memperlihatkan keindahan sekitar desa Sededap.

  

Penjaga BTS yang sangat ramah membantu saya melakukan semua pekerjaan selama disana. Juga memberikan fasilitas menginap dan makan  dengan baik. Setelah 3 hari 3 malam disana selesai sudah pekerjaan di BTS Sededap dan ada beberapa dokumentasi yang dapat saya bagi yang memperlihatkan keindahan sekitar desa Sededap. Keindahan yang mungkin tidak dapat kita lihat setiap saat bagi kita yang tinggal di perkotaan dengan pemandangan perumahan ,gedung bertingkat dan lalu lalang kendaraan bermotor.

  

  

  

  

  

  

   

  

  

  

4 thoughts on “Panorama Sededap ,Pulau tiga Kabupaten Natuna

  1. Masyaa Alloh , pemandangan bagus nan indah.
    Btw, pernah pakai jasa Rozi teknik. Alhamdulillah pengerjaan rapi, cepat dan professional. Terima kasih rozi teknik..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *