Memperbaiki Mesin Bor dan Mesin Gerinda Listrik

Alat Bantu yang sering dipakai para Tukang ataupun di rumah tangga adalah Mesin Bor Tangan dan Mesin Gerinda Listrik. Dan karena sering dipakai ataupun malah jarang dipakai sering ketika mau dipakai malah timbul masalah atau tidak mau berfungsi. Hal itu sering terjadinya dikarenakan kurang perawatan seperti tidak ada pelumasan (penambahan grease pada bagian gear)   ataupun timbunan kotoran debu yang mengeras ataupun kotoran sisa pekerjaan yang masuk ke lamel-lamel komutator dan menutupi Carbon Brush.

Apabila tidak ada permasalahan dari sisi Pelumasan dan Kebersihan Alat juga secara Mekanik tidak ada masalah dan tiba-tiba Mesin tidak berfungsi ada beberapa bagian yang bisa diperiksa yaitu:

  1. Kabel Power Mesin apakah putus atau tidak dengan memakai Ohmmeter
  2. Switch atau Saklar diperiksa setelah Kabel memang tidak ada masalah pakai Ohmmeter
  3. Carbon Brush biasanya sudah habis bisa kelihatan secara fisik
  4. Lilitan Stator dan Rotor bisa diperiksa pakai Ohmeter.

Itulah beberapa bagian yang perlu diperiksa dan jika ada masalah pada Kabel atau Switch bisa kita perbaiki ataupun diganti baru. Untuk Carbon Brush yang sudah habis  bisa dibelikan sesuai ukurannya yang asli . Jika tidak ada yang sesuai bisa dibelikan yang lebih besar terus kita bentuk dengan digosok amplas sesuai ukuran aslinya

Untuk lilitan Stator jika putus atau terbakar bisa digulung ulang dengan ukuran kawat jumlah lilitan yang sama.Dan untuk rotor kalau terbakar atau putus bisa dan kadang lamel-lamel kuningan udah aus dan terkelupas bisa dibelikan di toko-toko Sparepart peralatan listrik. Beberapa merk ternama dan laris penjualannya biasanya menyediakan sparepart di toko-toko Sparepart.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *