LAKMARS POS PERBATASAN NKRI-RDTL DIATAS PEGUNUNGAN

LAKMARS POS PERBATASAN NKRI-RDTL DIATAS PEGUNUNGAN

               Kita ketahui bersama bahwa  Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Negara yang besar dan luas yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Beberapa daerah ada yang berbatasan dengan negara lain baik perbatasan di daratan ataupun di lautan. Tentu saja daerah yang berbatasan dengan negara lain ada Pos Perbatasan antar negara yang dijaga oleh TNI. Salah satu Pos Perbatasan yang pernah penulis kunjungi ada di daerah Lakmars yang merupakan Pos Perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) dengan negara Timor Leste (RDTL).

  

Pos Perbatasan Lakmars berada didaerah pegunungan yang bisa dicapai dengan angkutan Bus dari Kota Atambua atau bisa dengan menyewa mobil pribadi. Jarak tempuh perjalanan dari kota Atambua ke Lakmars sekitar 3-6 jam tergantung angkutan mobil yang kita gunakan. Kalau menggunakan angkutan rutin seperti Bus tentu saja lebih lama daripada mobil pribadi. Alhamdulillah sebagian besar jalur yang ditempuh sudah bagus walaupun banyak juga jalan bebatuan yang terjal. Tidak ada kendala berarti dalam perjalanan menuju Pos Perbatasan tersebut.

  

Perjalanan kerja menuju Lakmars untuk pemeriksaan atau perbaikan perangkat powersupply Solarcell BTS daerah perbatasan yang bertempat tepat di belakang Pos Perbatasan. Waktu itu sekitar 27 Juni 2014 sekitar waktu Maghrib tiba disana ,disambut Bapak-Bapak TNI yang ramah yang bertugas menjaga disana. Beliau semua yang bertugas siang dan malam disana jauh dari keluarga karena harus menjalankan tugas negara selama waktu beberapa bulan yang telah ditentukan. Suhu dingin terasa sekali dengan kabut tebal menyelimuti Pos Perbatasan dan Tower yang menjulang tinggi tidak terlihat oleh mata karena waktu yang memang menjelang malam.

  

Penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada mereka semua yang telah membantu selama kami bekerja memperbaiki peralatan Solarcell dengan menyediakan tempat menginap dan makanan selama disana. Pada tanggal 29 Juni 2014 jam 00.30 tengah malam diantar petugas TNI menuju desa yang dibawah Pos Perbatasan untuk naik Bus yang menuju ke Kota Atambua. Alhamdulillah perjalanan di tengah malam berjalan lancar dan sampai di kota Atambua sekitar Jam 06.30 . Demikian sedikit pengalaman kerja di daerah Tapal batas NKRI-RDTL dan ada sedikit beberapa dokumentasi yang dapat kami bagi.

  

In sya ALLOH tugas Bapak –Bapak TNI yang mengemban amanah tugas negara ini dapat menjadikan amalan sholih bagi Beliau semua, Aamiiin.

  

  

  

  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *