Cara Membuat Heater/Pemanas Listrik Sederhana

Banyak sekali peralatan yang menggunakan Sistem Pemanas yang digunakan di rumah tangga, Industri atau bidang yang lainnya. Sumber Energi Pemanas bisa menggunakan Energi Matahari, Gas,Listrik atau yang lainnya. Peralatan Pemanas didalam rumah tangga kebanyakan menggunakan energi listrik seperti Rice Cooker , Oven, Setrika ,Pemanas Air dan masih banyak yang lainnya.

Bagian-bagian Utama Peralatan Pemanas Listrik yaitu:

  1. Bodi luar atau Cover Peralatan
  2. Heater atau Elemen Pemanas
  3. Temperatur Controller atau Pengatur Suhu

Disini kami akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana membuat Heater atau Elemen Pemanas sendiri yang bisa dipraktekkan dan bahan-bahannya tersedia di Toko Peralatan Listrik di kota-kota besar. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Siswa yang masih sekolah yang ingin  membuat Tugas Akhir berkaitan Sistem Pemanas listrik. Dan In sya ALLOH mudah untuk dipahami dan dipraktekkan.

Bagian bagian utama Element Pemanas yaitu:

  1. Element pemanas
  2. Isolator tahan panas dan bisa menghantarkan panas
  3. Cover Pelindung yang tahan panas dan bisa menghantarkan panas

 

Yang pertama ketika mau membuat sendiri kebutuhan Elemen Pemanas Listrik adalah Daya Listrik yang kita ingin inginkan, misalnya kita ingin membuat yang ukuran dayanya 1000 Watt. Selanjutnya kita kita mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, bahan yang dibutuhkan antara lain:

  1. Kawat Nikelin atau Nichrom (Nikelin yang sudah dilapisi Chrom)
  2. Isolator Kertas Mika Korea tahan panas
  3. Cover Pelindung bisa dari Plat Stainless atau bahan yang mudah menghantarkan panas

 

  • Bagaimana Caranya Menghitung Kebutuhan Kawat Nichrom sebagai Elemen Pemanas akan dijelaskan dibawah sesuai kebutuhan awal tadi sebesar 1000 Watt.

P = Daya listrik (W atau Watt )

V= Tegangan listrik (V atau Volt )

I = Arus Listrik ( A atau Ampere )

R = Tahanan atau Hambatan Listrik ( Ω atau Ohm )

Cara Menghitungnya: Untuk Daya 1000 Watt

P = V. I     =è I = P : V  =è  I = 1000 W : 220 V = 4 ,545 A

R = V: I    =è R =220 V : 4,545 A = 48,4 Ω

 

  • Jadi kita membutuhkan kawat Nichrom dengan tahanan 48,4 Ω untuk membuat Elemen Pemanas dengan daya 1000 Watt . Langkah selanjutnya kita adalah menentukan kebutuhan Kawat Nichrom , berdasarkan pengalaman Penulis ketika membuat Oven listrik menggunakan kawat Nichrom dengan diameter 0,2 mm ( Tahanan 36 Ω / Meter ) penulis gunakan untuk daya dibawah 500 Watt dan 0,4 mm ( Tahanan 9 Ω / Meter ) digunakkan untuk daya diatas 500 Watt.

Kebutuhan Kawat yang dibutuhkan jika menggunakan kawat yang ukuran 0,4 mm :

L = R : Tahanan Jenis Kawat permeter  =è 48,4 Ω : 9 Ω / Meter = 5,377 Meter

  • Langkah selanjutnya setelah mengetahui ukuran panjang kawat Nichrom yang dibutuhkan adalah merencanakan ukuran luas penampang kertas Mika Korea sebagai Tempat untu melillitkan kawat Nichrom sesuai kebutuhan luas peralatan yang akan kita buat.Perlu diperhatikan adalah cara melilitkan kawat jangan terlalu rapat sehingga bisa Shorted(kontak) antar lilitan. Bisa dilihat pada gambaran contoh dibawah.

Lilitan pada Mika korea selanjutnya di kedua sisi Luar ditutup dengan Mika Korea lagi sebagai Isolator sebelum ditutup dengan Plat penghantar Panas. Diusahakan dibuat serapi mungkin dan jangan shorted ke Bodi Plat.

Tinggal langkah terakhir mengecek Arus apakah hitungan teoritis kita semua sesuai dengan praktiknya menggunakan Amperemeter atau Tang Ampere. Selamat mencoba !!!

Cara Melilitkan Kawat Nichrom pada Kertas Mika Korea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *